TUGAS 4 : PARAGRAF GENERALISASI, ANALOGI, SEBAB-AKIBAT (KAUSALITAS) BIDANG EKONOMI

Buatlah contoh paragraf yang berkaitan dengan
bidang anda sekarang !


1. Paragraf Generalisasi :
   

Kebijakan fiskal merupakan salah satu upaya yang dilakukan pemrintah dalam mengarahkan perekonomian ke arah yang lebih baik dengan cara mengatur dana dengan instrumen utama adalah pengeluaran negara dan pajak. Kebijakan fiskal ini dapat berupa kontraktif dan ekspansif. Untuk kebijakan fiskal yang bersifat kontraktif adalah kebijakan yang diterapkan ketika terjadi inflasi. Sedangkan kebijakan fiskal yang bersifat ekspansif dimana pemerintah memperbesar pengeluaran negara misalnya dengan menambah subsidi pada rakyat kecil dan juga mengurangi pajak.
Kebijakan lain yang diterapkan pemerintah adalah kebijakan perdagangan luar negeri dimana pemerintah memengaruhi struktur serta arah transaksi dalam kegiatan perdagangan dan pembayaran Internasional.


2. Paragraf Analogi




Akuntan BPK menerapkan prinsip pertama dalam etika profesi akuntansi, yaitu tanggung jawab profesi. Akuntan BPK berani bertanggung jawab dengan keputusannya, selain itu akuntan BPK juga menerapkan prinsip kedua yaitu objektivitas, dimana dia dapat bersikap adil dengan tidak memihak kepada siapapun dengan mengungkapkan penyelewengan yang terjadi terhadap bantuan sosial  ke publik. Akuntan BPK juga menerapkan prinsip ke delapan, yaitu standar teknis, karena setiap akuntan harus melaksanakan jasa profesionalnya sesuai dengan standar teknis dan standar profesional yang relevan.


3. Paragraf Sebab-Akibat (kausalitas)

Perubahan gaya hidup membuat sikap hidup konsumtif menjadi budaya di Indonesia.  Dalam konteks globalisasi pilihan lebih banyak ditentukan oleh apa yang terlihat pancaindra. Pilihan ini bukan digerakkan daya nalar yang sehat, melainkan hanya sekadar pemenuhan akan kebutuhan penyenangan indrawi belaka. Media iklan yang begitu dahsyat kerapkali membuat mata kita tidak lagi awas. Ini menciptakan mentalitas konsumtif. Fenomena ini sekarang membudaya pada bangsa ini. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah kesadaran baru akan pentingnya pendidikan nilai-nilai mengedepankan solidaritas dan kesetiakawanan agar pola hidup konsumerisme tidak menjadi gaya hidup masyarakat

  

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

San Diego Chargers