TUGAS PENGANTAR MANAJEMEN

Dalam tugas ini kami akan membahas tentang visi misi, tujuan jangka pendek, tujuan jangka panjang, dan apa upaya-upaya yang telah ditempuh untuk meraih cita-cita tersebut. Dalam tugas ini kami mewawancari sebuah tempat les bernama EQ10 Plus, pemilik tempat Bimbingan Belajar itu bernama Bambang Indra Cahyana yang juga menjadi staf pengajar disana. Beliau mengajar pelajaran ekonomi/akuntansi beserta matematika. Berikut hasil wawancara kami kepada pemilik.

VISI DAN MISI


VISI:
a) mencerdaskan anak bangsa melalui pembelajaran yang lebih efektif dan efisien melalui jalan Informal
b) menjadi mitra pendamping sekolah yang unggul dan berkualitas
c) menjadi lembaga pendidikan Informal yang berskala Nasional


MISI:
a) mengembangkan pola Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang mudah diserap oleh para peserta didik (siswa/i) sehingga diperoleh pemahaman yang komprehensif.


b) memberikan strategi khusus kepada siswa/i agar sukses dalam berbagai Ujian Sekolah seperti Ulangan Harian (UH), Ulangan Harian Bersama (UHB), Ujian Tengah Semester (UTS), Ujian Akhir Sekolah (UAS), Ujian Nasional (UN), serta Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) ataupun Ujian Masuk Perguruan Tinggi lainnya.


c) menyiapkan peserta didik meraih prestasi terbaik untuk melanjutkan pada jenjang pendidikan berikutnya.


d) meraih kepercayaan sekolah khususnya dan masyarakat umumnya untuk menjadi Lembaga/Bimbingan Belajar kredibel dalam wadah yang lebih efektif, yaitu: Kelompok Belajar.


e) mengembangkan jiwa entrepreneurship/kewirausahaan yang dituangkan dalam kegiatan usaha pendidikan yang profitable dalam jangka panjang.


TUJUAN JANGKA PENDEK:
Berdiri pada akhir tahun 2008 di garasi rumah, tepatnya pada Bulan Oktober. Pada awalnya dikhususkan untuk siswa/i kelas 12 SMA Jurusan IPS saja, sesuai tujuan awal yaitu mengembangkan  ilmu-ilmu sosial. Tetapi, dalam perkembangannya, dinamika kepercayaan dari masyarakat meningkat di luar prediksi awal, sehingga peserta didik meliputi semua jenjang pendidikan (SD,SMP,dan SMA). Kondisi sekarang, Kelompok Belajar EQ10 Plus telah established, mantap dan berjalan dengan baik, baik dari sarana maupun prasaranya. Sehingga, dapat dikatakan tujuan jangka pendeknya sudah tercapai.


TUJUAN JANGKA PANJANG:
Tujuan Jangka panjang kami adalah ingin sejajar dengan Bimbingan Belajar Ternama yang sudah berskala Nasional, semisal: Ganesha Operation (GO), Sony Sugema College (SSC), Primagama, dsb.


UPAYA YANG DITEMPUH:
Untuk meraih target jangka panjang upaya-upaya yang di tempuh adalah:
a) Senantiasa menjalin hubungan kekeluargaan dengan orang tua siswa/peserta didik, pihak-pihak sekolah terkait dengan regenerasi peserta didik.


b) Mengevaluasi sarana dan prasarana yang sudah ada untuk diperbaiki, ditambah ataupun dikembangkan semata-mata demi kelancaran KBM.


c) Melakukan observasi pasar/pemetaan kekuatan pasar melalui strategi SWOT untuk menjangkau dan menjaring peserta didik.


d) Melakukan riset muatan materi belajar dari berbagai sumber untuk memperkaya khazanah ilmu pengetahuan.


e) Melakukan koordinasi dengan intern manajemen (staff pengajar, guru, owner, dsb) untuk meningkatkan mutu pelayanan kepada peserta didik.




Menurut kami sistem perencanaan yang dimiliki oleh Bimbingan Belajar ini sudah sama seperti apa yang kami pelajari dalam Mata Kuliah Pengantar Manajemen. Seperti langkah-langkah dalam membuat rencana disini sudah tepat, yaitu dengan menentukan visi dan misi, menetapkan strategi, dan menjalankan strategi itu. Setting Goals yang dimiliki pun sudah sesuai dengan apa yang kami pelajari yaitu
Specific
Measurable
Attainable
Realistic
Timely
Jadi kesimpulan yang kami buat adalah, tempat Bimbingan Belajar EQ10 Plus sudah sesuai dengan apa yang kami pelajari dalam Pengantar Manajemen.


Sumber:
- Pemimpin EQ10 Plus Bapak Bambang Indra Cahyana






Nama-Nama Kelompok:


ASMI NUQAYAH                  27211775
RAYMOON                          25211923
JEREMIA DIONISIUS            23211808
 kelas 1EB25

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

San Diego Chargers